Logo Matahari Sakti

PT MATAHARI SAKTI

jumbotron image

Nila Mentaris Benih Unggulan dan Berkualitas

14 Juli 2023 13:33

Pertumbuhan dan ketahanan terhadap lingkungan adalah kunci keberhasilan budidaya ikan.

 

    Ikan Nila sebagian dikenal di Indonesia sebagai ikan Mujahir karena warnanya hitam. Ada 4 jenis warna pada umumnya ikan Nila yaitu warna hitam, merah (pink), albino dan merah yang ada totol hitamnya. Dari keempat warna tersebut mempunyai  karakteristik yang berbeda.

 

    Pada umumnya yang banyak dibudidayakan adalah warna hitam dan merah, tergantung daerah dan selera masyarakat, namun mayoritas warna hitam yang paling diminati. Nila hitam mempunyai keunggulan pertumbuhan yang lebih baik dibanding warna merah dan yang jantan mempunyai kecepatan pertumbuhan lebih baik dibanding yang betina.  Ikan betina ukuran 200 gram kalau sudah matang gonad atau bahkan 150 gram sudah sanggup untuk mijah dan menjadikan pertumbuhan terhambat dibanding jantan.

 

    PT Matahari Sakti (MS) dengan anak perusahaanya bernama PT Matahari Cipta Sentosa (MCS) yang khusus mengelola pembenihan ikan air tawar mempunyai strain ikan Nila unggulan yang diolah dari berbagai materi genetik dengan brand Mentaris. Keunggulan dari ikan ini adalah mempunyai kecepatan pertumbuhan yang lebih baik dan benih yang dihasilkan monosex.  MS menyadari bahwa benih yang dihasilkan adalah sebagai bahan baku untuk usaha lanjutan bagi para petani ikan dan oleh karenanya kualitas yang mendukung untuk menghasilkan keuntungan adalah kunci utama. Pertumbuhan dan ketahanan terhadap lingkungan adalah kunci keberhasilan budidaya ikan. Keduanya dihasilkan dari banyak faktor  yang intinya ada 3 yaitu mutu benih, mutu pakan dan mutu lingkungan yang dikendalikan oleh manajemen budidaya yang baik.

 

    Pembenihan secara praktek merupakan proses kerja yang sederhana dimana ada ikan jantan dan betina ditempatkan dalam satu wadah, mengkondisikan lingkungan agar ikan mau mijah, menghasilkan larva dan berujung pendederan. Namun demikian untuk menghasilkan benih dengan mutu yang unggul bukan pekerjaan yang sederhana, dimana setiap proses terkontrol dan terukur sehingga hasil dari masing-masing proses mempunyai kualitas yang baik. Kualitas induk, pengelolaan induk, lingkungan pembenihan, proses  pemijahan serta pasca mijah semua menentukan benih yang akan dibudidayakan dikolam pembesaran.

 

    Tidak semua pembenihan mempunyai mutu induk yang baik. Induk yang baik secara genetik mempunyai pertumbuhan yang cepat, tahan lingkungan dan mempunyai fekunditas yang tinggi.  Induk Nila sudah banyak yang mengalami cross breed yang memungkinkan terjadinya inbreeding karena manajemen pembenihan yang tidak terkontrol. Parameter inbreeding dilapangan secara visual salah satunya diwujudkan dalam bentuk ikan yang cacat. Bentuk yang tidak simetris,  sirip tidak lengkap, tulang bengkok dan bentuk ekor tidak normal merupakan tanda – tanda ikan sudah mengalami inbreeding.

 

    Bahwa konsumsi ikan tidak linear dengan produksi hasil perikanan maka menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi pembenihan agar dapat membuat ikan dengan umur semuda mungkin. Ikan harus dibuat secepat mungkin untuk tumbuh sehingga umur ikan masih muda ketika dipanen. Bahwa dilapangan ditemukan ikan yang kuntet (tidak mau tumbuh) dengan umur yang tua tetapi ukuran tidak beranjak naik adalah permasalahan di pembenihan. Induk dengan mutu pertumbuhan digrade terakhir mempunyai fekunditas yang lebih tinggi dari grade lainnya tetapi mutu pertumbuhan yang tidak baik. Induk dengan mutu seperti ini memberikan “keuntungan” bagi pembenih karena dapat menghasilkan benih sebar dalam jumlah tinggi yang relatif cepat. Namun demikian mutu induk tersebut akan menimbulkan kerugian bagi para pembudidaya dipembesaran karena ikan tidak mau tumbuh dan bahkan kalau dipelihara mix sex (bukan monosex) akan menghasilkan anakan baru sebab ikan sudah mijah sebelum waktunya dipanen.

 

    Problem seperti ini yang jamak ditemukan dikolam pembesaran ikan nila karena belum adanya kesesuaian kepentingan antar berbagai segmen petani ikan. Masih adanya sebagian petani pembenih masih berorientasi bagaimana cara menghasilkan benih sebanyak dan secepat mungkin tanpa memperhatikan pertumbuhan, yang penting bisa jual benih dan meraup keuntungan, sedang disisi lain petani pembesaran ikan sangat membutuhkan mutu benih dengan kualitas pertumbuhan yang baik.

 

    Ikan Nila yang mempunyai pertumbuhan yang baik secara teori dan praktek bisa dibuat dengan cara meramu berbagai materi genetik dan proses seleksi yang ketat. Nila Mentaris yang materi genetiknya di impor dari luar negeri mempunyai keunggulan pertumbuhan bagus yang dapat mendorong untuk meningkatkan kesejahteraan petani ikan pembesaran.

 

    Nila Mentaris untuk mencapai ukuran panen lebih cepat waktunya dan lebih hemat pakan sehingga petani pembudidaya mempunyai keuntungan finansial yang lebih untuk disimpan. Keseragaman benih yang dipelihara penting untuk menghasilkan ukuran panen yang relatif seragam juga walaupun dalam prakteknya untuk menghasilkan ukuran panen yang seragam ditentukan juga oleh feeding manajemen dan kualitas lingkungan dikolam pembesaran.

 

    Grading ukuran benih yang dihasilkan bukan hanya sebagai segmentasi harga tetapi juga sebagai kontrol kualitas benih yang akan ditransfer ke kolam pembesaran. Dalam umur waktu deder yang sama semakin banyak ukuran benih besar maka semakin bagus kualitas benih yang dihasilkan. Umur dan ukuran menjadi perhatian penting untuk diamati dan dikontrol di hatchery MS guna menjaga mutu bahan dan proses tetap baik dan menghasilkan mutu benih yang bagus. 

 

    Vitalitas benih yang dikirim juga tidak kalah penting untuk dijaga selama masa deder. Larva yang dideder diberikan tambahan vitamin yang akan dapat meningkatkan daya tahan selama dalam masa budidaya dipembesaran nantinya. Benih–benih yang dikirim ke kolam pembesaran dijaga vitalitasnya, terhindar dari stres, bakteri dan racun selama masa pengiriman. Penting untuk memastikan sampai dikolam pembesaran benih dalam kondisi bugar dan kematian selama transport benih dapat terhidarkan.

 

Share

    PT. MATAHARI SAKTI © 2023