Logo Matahari Sakti

PT MATAHARI SAKTI

jumbotron image

Benih Yang Bermutu

14 Juli 2023 13:18

    Benih adalah salah satu hewan peliharaan yang paling dicari oleh para pembudidaya ikan. Tanpa benih tidak ada kegiatan budidaya. Tanpa benih yang bagus, keuntungan maksimum akan sulit didapat.

 

    Benih yang bagus, biasanya berasal dari calon induk yang bagus. Siapa yang mau mengerjakan bisnis pada segmen pembenihan? Tidak banyak orang atau perusahaan yang berani masuk dalam bisnis perbenihan. Dan tidak sedikit perusahaan atau orang yang gagal dalam menjalankan bisnis ini. Ternyata, untuk menuju suksesnya bisnis pembenihan harus melewati banyak tahapan. Jalan yang panjang dan berliku, serta harus bersabar. Mesti siap merugi di awal!

 

    Yang paling langka adalah bisnis yang menyediakan calon induk unggul. Jika bermain dalam segmen ini masih harus berhadapan dengan banyak persoalan. Siapa yang seharusnya punya peran di segmen ini ? Jawabnya adalah PEMERINTAH. Kenapa harus pemerintah ? karena memiliki sumber daya yang lengkap. Sudah memiliki lahan yang terpilih. Pasti pemerintah memilih balai benih yang berlokasi dengan kecukupan air dan sumber air yang kualitasnya bagus. Dana, mungkin berlebih jika dialokasikan yang tepat. Ahli pembenihan, pemerintah gudangnya. Banyak orang pintar yang bergelar doktor, bahkan profesor yang ahli urusan ini. Urusan yang melibatkan plasma nutfah, dan berbicara tentang genetic improvement.

 

    Bagaimana peran pemerintah dalam menyediakan benih unggul, serta membimbing unit pembenihan rakyat ? Masyarakat di kabupaten atau kota setempat bisa menilai. Apakah balai milik pemerintah itu betulbetul produktif dan sebagai contoh yang sukses bagi masyarakat perbenihan? hanya masyarakat yang bisa merasakan manfaatnya atau tidak.

 

    Dengan sumber daya yang lengkap, seharusnya tidak ada lagi keresahan pembudidaya bahwa kekurangan pasokan benih, atau benihnya sangat payah, kualitasnya rendah. Jika ada kalangan partikelir yang masuk bisnis ini, seharusnya pemerintah beserta para ahlinya all-out untuk mem-backup agar pengusaha benih asal swasta itu terus berhasil. Selama pembenih belum bisa mandiri, belum sukses maka kehadiran pemerintah tetap menjadi keharusan.

 

    Bagaimana kondisi saat ini? Pemerintah dan kiprahnya sangat berarti bagi insan perbenihan. Jangan lepas tangan, masyarakat perbenihan butuh dukungan-mu (pemerintah). Itulah suara yang menyeruak ketika Team MS bergaul akrab dengan para pembenih dan balai benih ikan di berbagai kota atau kabupaten.

 

Share

    PT. MATAHARI SAKTI © 2023