Logo Matahari Sakti

PT MATAHARI SAKTI

jumbotron image

Bawal Bintang, Harapan Baru Akuakultur Indonesia

14 Juli 2023 13:15

    Budidaya ikan laut bukanlah hal yang baru. Para pelaku budidaya telah bergelut di laut untuk membudidayakan ikan kerapu, ikan kakap dan ikan bawal bintang. Hasilnya bagimana? Dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Strategi yang tepat dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan. Tahun 2014 mulai mencanangkan pengembangan budidaya laut di Indonesia. Berita itu disambut gembira oleh stakeholders yang terkait bisnis kerapu, kakap dan bawal bintang.

 

    Meski pemerintah telah memberantas illegal fishing, tentu hasilnya tidak langsung bisa dirasakan. Tetapi, untuk jangka panjang, kemungkinan akan bermanfaat bagi negeri ini. Tergantung langkah berikutnya dari pemerintah. Kewibawaan negara telah ditegakkan. Selanjutnya, jika pemerintah memiliki strategi jangka panjang yang bagus di sektor kelautan dan perikanan, sangat mungkin Indonesia sebagai eksporter ikan laut terbesar dunia. Semoga mimpi itu menjadi sebuah kenyataan.

 

    Budidaya ikan kerapu menghadapi tantangan tersendiri. Sempat terganggu pasarnya karena penertiban importer ikan di China dan Hongkong. Kini sudah berangsur membaik, permintaan ikan tersebut dalam bentuk 'live' masih tinggi. Itu peluang yang harus dijaga oleh pelaku swasta dan wajib mendapat dukungan pemerintah.

 

    Bawal bintang, atau merek dagangnya silver pompano, sebagai salah satu jenis bawal laut yang kini popular di Indonesia. Pemerintah telah berhasil mendorong pelaku budidaya ikan bawal bintang pada keramba jaring apung di laut. Sejak pemerintah menggasak maling ikan di laut, harga ikan bawal bintang merangkak naik. Di Jakarta, kondisi hidup, harga per kilonya Rp 90.000 – Rp 100.000.

 

    Pengalaman MS bekerjasama dengan Balai Budidaya Laut (BBL) – Batam, tebar benih ukuran panjang 2,5 cm – 3,0 cm, dibudidayakan berkisar 6-7 bulan bisa mencapai berat per ekor berkisar 350 gr – 500 gr. Dengan menggunakan pakan buatan, pertumbuhan harian 2,89 gr. Jika menggunakan pakan rucah, tumbuh lambat, pertumbuhan harian hanya 1,6 gram per hari. Pakan yang digunakan merek MEGAMI kode PN, pakan produksi PT. Matahari Sakti.

 

Bagaimana cara budidaya bawal bintang pada keramba jaring apung di laut? Tunggu pada MS Bulletin edisi berikutnya.

Share

    PT. MATAHARI SAKTI © 2023